Laman

Selasa, 01 Juni 2010

cara memelihara ikan

Banyak orang berpendapat bahwa memelihara ikan di akuarium (misalnya) itu susah, biasanya alasannya karena ikan yang baru di beli mati, airnya gampang keruh, ribet, dll. Tapi sebenarnya ga gitu kok asal kita tahu tips dan triknya, n insya Allah memelihara ikan akan menjadi lebih menyenangkan...
Mau tau tips 'n triknya...???

1. Ikan yang baru dibeli jangan langsung di masukkan ke dalam akuarium, tapi rendam dahulu sama plastiknya biar ikannya adaptasi dengan suhu yang baru secara perlahan alias diaklimatisasikan.
2. Air yang akan digunakan usahakan air yang sudah diendapkan alias sudah didiamkan selama semalam (klo bisa dikasih aerasi). klo kepepet pakai air galon isi ulang.
3. Jangan terlalu banyak ngasih makan. hal itu bisa bikin air cepet kotor dan bisa menyebabkan ikan mati.
4. Gunakan aerasi untuk menyuplai udara ke dalam air sekaligus menguapkan amoniak, tapi untuk beberapa jenis ikan hal ini tidak perlu, misalnya : ikan gapi, cupang, plati, dll.
5. Ganti air secara rutin (jangan biarkan airnya sampai butek/keruh). Ganti dengan cara di siphon (disedot kotoran-kotoran yang ada di dasar) dan sisakan airnya sebanyak setengahnya atau paling sedikitnya sepertiga total volume airnya.
6. Jangan sembarangan mencampur berbagai jenis ikan yang berbeda ke dalam akuarium, sebab beberapa jenis ikan merupakan pemangsa ikan yang lain atau suka "usil" yang kesukaannya mengganggu ikan-ikan yang lainnya.

Jadi, setelah tahu beberapa tips tadi, semoga anda tidak lagi menganggap memelihara ikan dalam akuarium itu susah. SELAMAT MENCOBA...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar