Laman

Senin, 31 Mei 2010

cara menjinakan merpati

CARA MENJINAKAN MERPATI

April 27, 2010

by thierry

Burung merpati yang baru dibeli atau dikasih orang biasanya tidak akan jinak. Untuk itu ada cara-cara agar merpati bisa jinak, berikut caranya,

merpati diikat kakinya atau 7 lembar sayapnya pake solatip yang kanan dan kiri, rebes dech. Sebelumnya untuk menjinakan merpati harus ada 2 burung, yang 1 jantan dan 1 betina.

Masukin kardus bekas Indomie/apa lah yang cukup buat 2 merpati, lalu lobangin kardusnya. Rebes dech. Biarkan 1-2 jam di kardus biar ngerasain kandang kardusnya.

1-2 jam kemudian kasih makan jagung segenggam dan minumya. Keluarin burungnya, jadi makannya diluar. Burungnya diikat jadi ga bisa kabur.

Kemudian masukin lagi burungnya. Besok burungnya dikeluarin, simpan di kurungan. Kayak kurungan ayam jago, tapi agak pendek. Biarin mereka bergerak aktif. Setelah mereka nggak aktif bergerak lagi, kasih makan. Biarkan di kurungan sampai sore. Setelah itu masukin lagi ke kardusnya.

Besoknya burung keluarin lagi, dikurung lagi. Burung betina dinbasahin bulunya sedikit2. Kaih makan dan minum. Biarin sampe sore. Pas mau disimpan di kardus lagi, burung betina bulunya dibasahin air lagi.

Besoknya dikurung lagi. Kalau udah ada tanda2 giring/jantan ngejar2 betina, yang jantan keluarin. Ikatan solatip di sayap jangan dilepas. Biarkan si jantan muter2 kandang sampe sore.

Besoknya kalau giringnya udah makin keras, burung betina diklepek-klepek. Kalau yang jantan berusaha keras untuk terbang ke arahnya, solatip di sayap boleh dilepas. Kalau si jantan terbang ke punggung betina saat diklepek-klepek, pertanda si jantan udah jinak. Ini perlu latihan berkali-kali sebelum solatip di sayap dibuka, agar terlatih.

1 komentar: